Pages

Friday, August 17, 2018

Bukti Cinta Persib, Warga Cigir Kompak Cat Biru Rumahnya

Ada dua gang yang rumahnya dicat berwarna biru.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Warga Jalan Cipagalo Girang (Cigir) RT 1 / RW 7, Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, kompak mengecat dinding rumahnya dengan warna biru. Warna biru kental dengan tim sepak bola kebanggaan Bandung, Persib.

Bambang Indra Gunawan adalah pemrakarsanya. Penggemar klub Persib ini menjadi inisiator perombakan cat rumah warga yang lebih dikenal dengan Bobotoh Cigir ini.

Perubahan di lingkungan rumah Bambang dimulai ketika dia rajin membuat acara nonton bareng (nobar) tiga tahun lalu. Awalnya, dia takjub melihat semangat orang tuanya. Meski sudah berusia lanjut, orang tua Bambang masih sering ke stadion untuk mendukung Persib.

"Mau bertanding sore, malam, hujan, panas, tetap berangkat," kata Bambang saat ditemui Republika.co.id di rumahnya beberapa waktu lalu.

Dulu, aktivitas nobar hanya ada di rumahnya saja. Kini, layar berukuran tiga kali empat meter telah tersedia. Fungsinya, apalagi kalau bukan menikmati klub idolanya berlaga.

"Jadi memang nobar dulu baru kepikiran untuk cat tembok biru," ujar Bambang.

Awalnya di sana hanya rumah Bambang saja yang bercat biru. Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Provinsi Jawa Barat ini kemudian menawarkan hal sama pada tetangganya. "Tidak ada paksaan untuk harus cat warna biru," kata dia.

Bambang tidak memiliki sponsor untuk membirukan lingkungannya. Semua biaya berasal dari kantong pribadinya. "Kalau ada warga yang mau dicat rumahnya jadi biru, nanti saya sediakan catnya," kata dia.

Penggemar pemain Persib Atep Rijal ini tidak menyangka warga di lingkungan rumahnya menyambut baik ajakannya. Meski tidak ada kontribusi langsung dari Persib, dia berharap suatu saat ada pemain maupun tim manajemen yang hadir melihat lingkungan rumahnya.

Dua gang diubah menjadi berwarna biru. Terdapat logo Bobotoh Cigir dan logo Persib menghiasi tembok rumah. Meski ada satu yang tidak dicat biru, tetap tidak mengubah nilai estetika di sana.

Acara nobar menjadi kegiatan paling dinanti warga Cigir. Layar dibentangkan dan setengah jalan ditutup agar warga bisa duduk dijalan. "Dari mulai orang tua, ibu-ibu, dan anak-anak ikut nonton," ujar Bambang.

Tidak jarang, warga yang sedang melintasi jalan tersebut pun sengaja memarkirkan kendaraannya. Mereka turut menonton bersama. Ibu-ibu kadang menyiapkan makanan sebagai konsumsi selama pertandingan berlangsung.

Tak ayal suasana di sana laykanya stadion sungguhan. Ada bendera Persib dan juga yang menabuh drum. "Pada nobar di sini ratusan orang," ujarnya.

Bambang menyediakan kaos berlogo Bobotoh Cigir yang dibagikan untuk penonton setia. Sudah ratusan kaos diberikan dan  disumbangkan ke daerah yang membutuhkan.

"Ya rezeki mah ada saja, cuma kalau mau minta, ingin ada dari Persib lihat ini," ujar Bambang.

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/08/17/pdlt7f425-bukti-cinta-persib-warga-cigir-kompak-cat-biru-rumahnya

No comments:

Post a Comment