Pages

Saturday, September 15, 2018

Australia: Rp 1 Miliar Bagi Informan Kasus Jarum dalam Buah

Pelaku kejahatan bisa dikenai hukuman 10 tahun penjara.

REPUBLIKA.CO.ID, QUENSLAND -- Pemerintah Queensland akan memberikan hadiah 100 ribu dolar Australia bagi siapa saja yang dapat memberikan informasi penyisipan jarum dalam stroberi. Perdana Menteri Queensland, Annastacia Palaszczuk telah menyetujui tawaran hadiah tersebut. 

Ia mendesak pihak terkait untuk bersatu menghentikan kejahatan itu. Palaszczuk mengatakan, kepolisian sedang berusaha menangkap pelaku sabotase, yang ia sebut sebagai tindakan tidak berperasaan. 

"Ini menempatkan kehidupan keluarga dalam bahaya dan itu juga menempatkan industri stroberi dalam bahaya," ujarnya seperti dilansir ABC News, Sabtu (15/9).

Palaszczuk mengatakan, pelaku kejahatan bisa dikenai hukuman 10 tahun penjara. Menurut dia, kejahatan sabotase membahayakan industri yang mampu memberikan pemasukan 160 juta dolar Australia ke Queensland.

"Mereka menempatkan kehidupan bayi, anak-anak, dan keluarga dalam bahaya. Ini tidak bisa diterima, saya marah tentang ini," kata ujar Palaszczuk.

Ia menambahkan, tidak akan tertarik jika pemerintah akan menawarkan bantuan keuangan kepada para petani yang terkena dampak. "Kami terus berhubungan dengan anggota asosiasi petani, dan ini adalah industri besar, semua orang suka stroberi," tuturnya.

Sementara polisi New South Wales (NSW) mengatakan, ada enam merek stroberi yang terkontaminasi jarum. Polisi merilis pernyataan pada Jumat (14/9), enam merek yang terkontaminasi yakni Donnybrook Berries, Love Berry, Delightful Strawberries, and Oasis. Termasuk merek Berry Obsession dan Berry Licious, yang telah disebutkan sebelumnya pada pekan lalu.

Polisi NSW mengumumkan hal tersebut setelah Queensland Health mengkonfirmasi stroberi Donnybrook, yang dipasok ke supermarket nasional dari perkebunan di utara Brisbane. Perkebunan yang diketahui sebelumnya stroberi terkontaminasi jarum tersebut.

Berita terkait: Jarum Jahit Ditemukan di Dalam Buah Stroberi Australia

Berita terkait: Kasus Jarum dalam Strawberry Australia Diduga Disengaja

Let's block ads! (Why?)

https://internasional.republika.co.id/berita/internasional/abc-australia-network/18/09/15/pf3fa0370-australia-rp-1-miliar-bagi-informan-kasus-jarum-dalam-buah

No comments:

Post a Comment