Pages

Tuesday, September 18, 2018

Taman Safari Hibahkan Komodo ke TMII

TMII menghibahkan unggas ke TSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepasang Komodo (Varanus komodoensis ) jantan dan betina berusia satu tahun hasil penangkaran satwa langka endemik Indonesia Taman Safari Bogor akan dihibahkan kepada Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pemberian sepasang komodo ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut kerjasama antara Taman Safari Indonesia (TSI) dengan TMII.

Sementara, TMII akan menyerahkan secara simbolis beberapa jenis satwa, salah satunya adalah jenis unggas. Kegiatan ini merupakan kerjasama antar lembaga konservasi dalam negeri terhadap konservasi satwa langka secara berkelanjutan dan termonitoring. Kerjasama meliputi bidang konservasoi, tehnologi, dan Sumber Daya Manusia.

Komodo satwa langka Indonesia ini diserahkan langsung oleh Direktur TSI Jansen Manansang  kepada Direktur Utama TMII Tanribali Lamo. Keberhasilan proses perkembangbiakan komodo mulai dari masa kawin, mengerami, hingga bertelur dan menetas, tidak luput dari kerja keras team dokter hewan TSI maupun para keeper dibagian reptil. Ditunjang dengan design exhibith yang menyerupai alam aslinya serta menggunakan tata surya sebagai pemanas alaminya.

Komodo yang telah  menetas, dilakukan penimbangan dan pengukuran panjang badan yang dilakukan selama dua pekan sekali. Pemberian pakan, pemberian tambahan kalsium, penjemuran secara berkala, pengambilan darah DNA dan bahkan pemasangan microchip.

"Sebagai lembaga Konservasi, Taman Safari Indonesia merasa bangga dapat mengembangbiakan komodo, salah satu species satwa langka yang mendapat predikat sebagai Satwa Nasional. Diharapkan komodo hasil breeding tersebut, nantinya juga akan berkembangbiak, mengingat komodo adalah salah satu keanekaragaman hayati yang sangat langka dan terkenal di dunia," kata Jansen.

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/09/18/pf8zx5368-taman-safari-hibahkan-komodo-ke-tmii

No comments:

Post a Comment