Pages

Monday, August 20, 2018

Ahli Nutrisi Bocorkan Lima Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bukan berarti harus menghilangkan karbo dari menu makanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli nutrisi sepakat bahwa menjaga berat badan ideal dan sehat itu tidak mudah. Akan tetapi ahli nutrisi dari Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan School, Dr. Meir Stampfer, mengatakan cara paling mudah menurunkan berat badan yaitu dengan membatasi asupan makanan setiap harinya.

"Bagi saya, orang yang bisa mempertahankan berat tubuh adalah sebuah keajaiban," kata Stampfer dilansir dari Business Insider

Hal serupa juga diyakini peneliti nutrisi, Sara Seidelmann. "Tidak ada yang lebih penting untuk kesehatan dari pada apa yang kita makan setiap hari," kata Seidelmann. 

Berikut lima cara terbaik yang direkmomendasikan Stampfer dan Seidelmann untuk menurunkan berat badan dan cara mempertahankannya agar tetap ramping dalam waktu lama:

1. Cukupi kebutuhan karbohidrat

Seidelmann mengatakan hidup sehat tidak harus selalu mengonsumsi makanan rendah karbo. Menurut Seidelmann, untuk mendapatkan berat badan ideal dengan tubuh sehat sebaiknya mencukupi asupan nutrisi dengan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Walaupun beberapa sayuran dan kacang-kacangan ada yang mengandung tinggi karbo, memakan makanan ini dikaitkan dapat membuat kenyang lebih lama dibandingkan makanan rendah karbo. Makanan rendah karbo justru mendorong orang untuk memakan produk makanan lain seperti daging-dagingan dalam jumlah banyak.

2. Konsumsi lemak sehat

Stampfer mengatakan mengonsumsi makanan berlemak tidak membuat gemuk. Namun, tentunya lemak yang tidak membuat gemuk ini adalah lemak sehat seperti yang terdapat pada minyak zaitun, alpukat dan kacang kenari. 

"Memakan lemak sehat bisa membantu mengontrol berat badan lebih baik dibandingkan tidak mengonsumsinya sama sekali," kata Stampfer.

Stampfer menjelaskan, makanan berlemak mengandung banyak energi dalam setiap gramnya dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Makanan berlemak juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

3. Hitung kalori 

Para ahli nutrisi sepakat bahwa cara paling ampuh mengontrol berat badan yaitu dengan menghitung seberapa banyak makanan yang dikonsumsi per harinya. Misalnya saat mengonsumi roti gandum standarnya hanya satu potong saja, sedangkan keju idealnya hanya empat potong ukuran dadu.

4. Tetap berolahraga

Memiliki berat badan ideal tidak cukup hanya dengan menjaga makan. Otot-otot dibutuhkan untuk membantu melancarkan metabolisme. Oleh karenanya, olahraga menjadi salah satu hal yang tudak boleh ditinggalkan. 

5. Tak perlu beragam yang penting sehat

Seringkali orang yang menerapkan pola hidup sehat mencoba membuat berbagai variasi makanan. Itu tentunya hal yang baik. Namun, American Heart Association menyarankan untuk fokus pada makanan yang sehat yang disukai. Yang terpenting semua kebutuhan nutrisi tercukupi.

Let's block ads! (Why?)

https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/08/20/pdr8av349-ahli-nutrisi-bocorkan-lima-cara-mudah-turunkan-berat-badan

No comments:

Post a Comment