Pages

Tuesday, August 28, 2018

Cara Efektif Obati Nyeri Otot Setelah Olahraga

Nyeri akibat olahraga disebut onset atau nyeri otot yang tertunda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pasti pernah mengalami nyeri otot setelah berolah raga. Apalagi bila anda baru pertama kali melakukan latihan angkat beban di Gym atau berlari hingga beberapa kilometer.

Ini disebut nyeri otot onset atau nyeri otot tertunda yang terjadi 24-48 jam setelah beraktivitas. Ahli bedah ortopedi di Northwestern Medicine, Christopher Hogrefe mengatakan nyeri otot onset menimbulkan robekan kecil di serat otot yang kemudian meradang dan menghasilkan rasa sakit. Alasannya aktivitas di gym, seperti olah raga berat bisa menyebabkan kontraksi otot. Berikut cara efektif mengobati nyeri otot setelah berolah raga, dilansir dari Men's Health, Selasa (28/8).

1. Makan jamur

Jamur sejak lama diketahui bersifat antiinflamasi yang efektif mengurangi nyeri otot. Senyawa antiinflamasi pada jamur, disebut polisakarida berfungsi mengurangi senyawa sitokin yang menimbulkan peradangan pada otot.

2. Lakukan pendinginan lebih lama

Anda bisa melakukan pendinginan lebih lama usai berolah raga. Ini membuat otot Anda siap untuk pemulihan. Sebuah studi 2018 menemukan pelari yang menghabiskan pendinginan (cooling down) 50 persen di akhir latihan, bukan sekadar beristirahat saja, tiga kali lebih mungkin terhindar nyeri otot onset.  Pendinginan membuat aliran darah lebih lancar. 

3. Minum jus ceri

Jus ceri juga antioksidan dan antiinflamasi. Sebuah studi 2010 menemukan pelari jarak jauh yang minum jus ceri selama delapan hari dilaporkan jarang mengalami nyeri otot. Jus ceri sama seperti jamur.

4. Pijat

Pijatan ringan setelah berolah raga juga signifikan mengurangi rasa sakit dan pelepasan sitokin, senyawa yang menyebabkan peradangan. Pada saat sama, pijatan ringan merangsang mitokondria dalam sel yang mendorong perbaikan sel lebih cepat.

5. Bantal panas dan kantong es

Bantal panas dapat meningkatkan aliran darah karena bersifat vasodilator, membuka pembuluh darah. Anda juga bisa mengompres bagian tubuh yang sering nyeri dengan sekantong es.

Bantal panas dan kantong es dalam sebuah studi 2015 dapat mencegah kerusakan jaringan elastis tubuh. Lakukan selama 20 menit dan Anda pun terhindar dari nyeri otot setelah berolah raga.

6. Foam roller

Foam roller adalah alat terapi yang sering digunakan di rumah. Anda tinggal menggelinding di atasnya, dan otot pun secara langsung akan diurut dengan lembut. Lakukan selama 20 menit dengan gerakan dinamis.

7. Mandi air dingin

Studi 2010 menemukan mandi air dingin mengurangi pembengkakan otot  dan penyempitan pembuluh darah. Anda bisa berendam di air dingin atau air es selama lima hingga 10 menit.

8. Pakaian olah raga khusus

Anda juga bisa mengenakan pakaian olah raga khusus atau compression gear untuk mengurangi nyeri otot. Baju yang didesain khusus untuk berolah raga ini disesuaikan dengan konstriksi otot dan mencegah penumpukan cairan dan aliran darah di lokasi tertentu, sehingga nyeri pun terhindari. 

Let's block ads! (Why?)

https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/08/28/pe5mmo349-cara-efektif-obati-nyeri-otot-setelah-olahraga

No comments:

Post a Comment