Pages

Wednesday, August 22, 2018

Relawan BMH Datangi Langsung Rumah Penerima Kurban

BMH salurkan 2.046 hewan kurban di 161 desa se-Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BMH Jawa Timur mempunyai cara unik dalam mendistribusikan hewan kurban tahun ini. Lebih dari 10.000 paket daging dibagikan serentak di desa pedalaman dan masyarakat pinggiran kota.

“Cara unik itu adalah gerebek kurban, di mana penerima hewan kurban tidak harus bersusah payah antre dengan membawa kupon dan pengambilan, tetapi semuanya didatangi langsung ke rumah-rumah oleh relawan BMH,” terang Manajer Program dan Pendayagunaan BMH Perwakilan Jawa Timur, Abdan Syakura  dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/8).

Program ini ternyata membuat penerima manfaat terkejut sekaligus bahagia. Seperti yang disampaikan Bu Rukem,  warga kampung pemulung di Keputih Surabaya, yang sangat kaget karena mendadak ada petugas BMH hadir ke rumahnya membagikan bungkusan daging kurban.

“Masya Allah, terima kasih. Tidak menyangka bisa dapat daging kurban, padahal tadi sempet antre sampe dorong-dorongan di sana ndak dapet daging kurban, malah ini sekarang dianterin ya Allah, Alhamdulillah,“ ucapnya dengan suara yang bergetar.

Respons  senada banyak disampaikan oleh penerima manfaat lainnya. Sebagian tak kuasa menahan tangis karena saat mereka merasa tak mungkin dapat makan daging, ternyata datang relawan BMH membawakan daging kurban untuk mereka.

Tahun ini BMH mendapat kepercayaan yang besar dari masyarakat untuk menyalurkan  hewan kurban. “Tidak kurang dari 1.943 kambing dan 103 sapi ---- total 2.046 ekor -- disampaikan kepada BMH, untuk selanjutnya disalurkan di 161 desa di Jawa Timur,” jelas Abdan Syakura.

Hewan kurban ini diterima dari individu masyarakat yang memercayakan kepada BMH melalui program Qurban Masuk Desa. Program tersebut digulirkan untuk menambah nilai manfaat hewan kurban agar distribusi tidak menumpuk di kota saja, tetapi bisa merata ke desa-desa, terutama yang berada di pedalaman.

“Qurban Masuk Desa adalah program tahunan BMH untuk membantu masnyarakat menyalurkan hewan kurbannya agar bisa terdistribusi hingga ke desa pedalaman di mana masyarakatnya di sana lebih membutuhkan,” tutur Abdan Syakura.

Let's block ads! (Why?)

https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/18/08/22/pdv95m374-relawan-bmh-datangi-langsung-rumah-penerima-kurban

No comments:

Post a Comment