Pages

Sunday, September 16, 2018

Tekuk Sociedad, Barcelona Mulai Tinggalkan Real Madrid

Sulit Barca merebut kemenangan d Anoeta jadi bukti La Liga bukanlah kompetisi mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Balapan dua klub raksasa Spanyol antara Barcelona dan Real Madrid mulai memperlihatkan jarak. Los Azulgrana menjauh usai memetik kemenangan tipis 2-1 di Stadion Anoeta, markas Real Sociedad, Ahad (16/9) dini hari WIB.

Barcelona kini unggul tiga angka dari Madrid yang beberapa jam setelahnya ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Athletic Bilbao di San Memes. Kemenangan Barcelona di Anoeta diraih dengan susah payah.

Barca tertinggal lebih dulu sejak awal babak pertama lewat sepakan voli cantik dari Aritz Elustondo di menit 12. Di awal babak kedua, gawang Blaugrana bisa saja semakin babak belur karena Sociedad mendapatkan dua peluang emas hasil serangan balik cepat. Tapi, Barca beruntung memiliki kiper sekaliber Marc Andre Ter Stegen yang selalu memenangkan duel satu lawan satu dengan penyerang Sociedad.

Barca baru bisa menyamakan kedudukan di menit 63. Luis Suarez yang lihai melihat peluang di ruang sempit dengan mudah memanfaatkan bola hasil kemelut di mulut gawang Sociedad yang dijaga Rulli. Suarez berhasil mencetak gol ketiganya di La Liga dengan sepakan keras kaki kanan. Penentu kemenangan Barca ialah pemain mahal Oesmane Dembele. Mantan pemain Borussia Dortmund itu juga mencetak gol hasil kemelut dengan sepakan keras kaki kanan.

Suarez mengatakan, sulitnya merebut kemenangan d Anoeta menjadi bukti kalau La Liga bukanlah kompetisi yang mudah. Setiap klub Spanyol selalu punya cara untuk meredam tim-tim besar.

Suarez menegaskan kalau La Liga sejatinya bukan hanya milik Barcelona dan Real Madrid. "Saya pikir semua orang harus menyaksikan laga kami melawan Sociedad supaya bisa paham La Liga itu sangat ketat," kata Suarez dikutip dari Marca.

Lain lagi dari pandangan pelatih Barca Ernesto Valverde. Mantan pelatih Bilbao itu merasa pemain Barca minim kreativitas di hadapan Sociedad. Buktinya kedua gol yang mereka ciptakan diawali dengan kemelut, bukan hasil pola permainan dari belakang, tengah, dan kotak penalti khas Barca selama ini.

Valverde menurunkan komposisi lini tengah yang tidak biasa. Ia mengistirahatkan gelandang Sergio Busquets di bangku cadangan. Pemain 30 tahun itu baru turun sejak menit 57 menggantikan pemain sayap Rafinha.

Posisi Busquets diberikan kepada Ivan Rakitic. Rakitic ditemani Rafinha dan Sergi Roberto. Tiga pemain ini memang lebih punya insting menyerang lebih dominan sehingga Barca tidak punya sosok yang menjadi dirijen lapangan tengah. "Kemenangan kami sangat penting untuk posisi di klasemen. Tapi saya melihat pemain saya sulit membuat improvisasi. Jadinya hal itu membuat lawan bisa terus menekan," ujar Valverde.

Kemenangan sulit Barca ini menjadi berkah karena di sisi lain Madrid yang mulai menata kekuatan baru di era Julen Lopetegui justru tertahan 1-1 di San Memes. Bekas klub Valverde itu membuat poin Madrid tidak bisa mengejar Barca di pekan ke empat.

La Blaugrana kini memimpin dengan nilai 12. Madrid di urutan dua dengan nilai 10. Pasukan Bilbao unggul sejak meit 32 lewat aksi Iker Muniain. Balasan Madrid tercipta setelah Isco masuk di menit 63.

Let's block ads! (Why?)

https://bola.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-spanyol/18/09/16/pf53vz438-tekuk-sociedad-barcelona-mulai-tinggalkan-real-madrid

No comments:

Post a Comment